Friday, October 17, 2014

Karakter musik power metal

Karakter musik power metal - Anda pernah mendengar nama Kai Hansen dan Gamma Ray? Kai Hansen adalah salah satu musisi power metal ternama yang tergabung dalam grup band Gamma Ray. Hansen dianggap sebagai godfather musik power metal. Yang memainkan musik dengan tempo cepat. Hansen menjadi pujaan banyak musisi pemula karena dianggap bisa mewakili power metal yang sesungguhnya.


Power metal sendiri memiliki karakter vokal yang bersih dan anti mainstream. Meski hampir sama dengan kebanyakan musik metal, yakni menggunakan teknik menggeram namun power metal melakukakanya dengan lebih halus. Para vokalis power metal sendiri banyak terinspirasi oleh penampilan vokalis-vokalis heavy metal.

Sedangkan tema yang diangkat lebih banyak bercerita tentang fantasi, mitologi, persahabatan, harapan, perjuangan, perang dan kematian atau perpaduan dari semua itu. Banyak band-band power mengambil konsep berdasarkan buku fantasi dan epos nasional. Beberapa band bahkan telah menulis cerita khayalan mereka sendiri.

Sedangkan sebagiannya lagi membicarakan tentang agama dan politik. Baru-baru ini tema sejarah juga mulai digunakan. Untuk karakter gitar dan bass, biasanya kedunya memainkan aliran cepat, tetapi mengubah akord yang relatif lambat, dengan tempo harmonik sekali per ukuran atau lebih lambat. Beberapa gitaris power metal paling berpengaruh dan diakui adalah Kai Hansen dari Gamma Ray, Michael Weikath dari Helloween, dan Timo Tolkki mantan Stratovarius.

Untuk drummernya, Banyak drumer power metal memainkan pola double bass baik dengan dua bass drum, atau memanfaatkan bass pedal ganda. Drum kerap menjadi instrumen penentuk yang membentuk Karakter musik power metal. Karena itu membeli drum yang tepat menjadi agenda penting bagi setiap band power metal. Tanpa drum yang tepat, setiap band akan kesulitan mengidentifikasikan dirinya sebagai power metal.

No comments:

Post a Comment