Thursday, November 13, 2014

Cara menggunakan cymbal dengan benar

Bagi drummer pemula memukul cymbal bukanlah hal mudah. Karena itu banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini. Inti dari memainkan cymbal hanyalan bermain dengan pintar, santai dan rileks. Untuk anda yang baru pertama kali belajar memukul cymbal, hindari bermain dengan keras dan kasar. Jika anda bermain terlalu menggebu makan anda akan cepat mengalami lelah.
Cara menggunakan cymbal dengan benar


Tidak hanya itu tempo yang dihasilkan akan cenderung tidak beaturas. Hal ini berpotensi membuat cymbal anda cepat rusak. Memaksa cymbal untuk menghasilkan volume diluar jangkauan dapat menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itu jangan memukul cymbal langsung pada edge/bagian pinggir cymbal.

Pemukulan seperti merupakan cara yang salah, selain menyebabkan cymbal anda cepat rusak. Suara yang dihasilkan pun hanya akan mengganggu telinga. Untuk menjaga keawetan cymbal anda pukullah cymbal kebagian tengah pinggiran dengan mata fokus melirik pusat cymbal. Memukul dengan pergelangan tangan sedikit memutar juga bisa membantu menghindari kerusakan pada crash cymbal.

Jika perlu juga tempatkan bantalan karet atau nilon yang elastis diantara cymbal dan mur pada batang tengan stand cymbal untuk meredam getaran. Ini berfungsu untuk mencegah timbulnya lubang dan menghindari retak pada bagian tengah cymbal. Perlu diingat juga untuk tidak terlalu mengencangkan mur.

Karena hal ini dapat menyebabkan retak disekitar lubang pada pusat cymbal. Jangan menjepit cymbal terlalu kencang, pasalnya hal ini bisa membuat cymbal tidak dapat bergetar dengan bebas dan menimbulkan suara seperti tercekik. Untuk bagian hi-hat sebaiknya kopling tengah agak diketatkan sehingga cymbal bagian atas dapat bebas bergerak. Nah itulah beberap tips menggunakan cymbal dengan benar. Prakterkan ini segera setelah anda membeli drum dan rasakan hasilnya beberapa tahun mendatang.

No comments:

Post a Comment