Bermain gitar dengan capo

Tahukan anda apa itu capo pada permainan Gitar? Capo adalah sebuah alat yang dipasang pada gitar dan berfungsi untuk menaikkan nada, dengan alat ini anda tak perlu lagi melakukan stem ulang. Capo sangat berguna untuk anda yang ingin memainkan lagu dengan tuning tidak standar sementara gitar milik anda masih bertunning standar. Sebenarnya anda bisa melakukan tunning sendiri namun banyak gitaris malas selalu melakukan tunning sehingga lebih memilih menggunakan capo, apalagi jika kondisi ini dihadapi ketika tampil diatas panggung.


Menggunakan capo bukan berarti seseorang tidak bisa mentunning atau malas mentunning. Namun penggunaan capo memang lebih praktis dan memudahkan anda untuk melakukan eksplorasi. Selain itu capo juga bisa menghemat waktu bermain gitar karena anda tak perlu lagi menyisihkan waktu untuk melakukan tunning yang biasanya membutuhkan waktu hingga belasan menit. Cara menggunakan capo juga sangat mudah tinggal jepitkan saja pada neck atau leher gitar. Capo tidak hanya bisa digunakan untuk menjepit semua senar namun juga hanya beberapa senar.

Misalnya anda hanya ingin menjepit senar 1-5 dan membebaskan senar 6, cara penjepitan seperti ini bisa menghasilkan suara yang lebih variatif. Sebelum capo lahir para gitaris memanfaatkan pensil untuk dijadikan penjepit yang kemudian diikatkan pada gitar dengan karet. Cara ini diakui tidak efektif karena tidak dapat digunakan untuk jangka panjang. Karena itulah tercipta capo yang lebih praktis dan dapat digunakan dalam waktu lama. Capo bisa anda temukan diberbagai toko musik dan tersedia dalam harga bervariasi dari yang murah berkisar Rp50 ribuan hingga yang mahal dengan baderol ratusan ribu. Beli gitar dan cobalah memainkannya dengan capo anda pasti ketagihan melakukan eksplorasi senar.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==