Air, Suhu dan Kelembapan dapat memengaruhi kualitas piano

Setelah tahu piano berharga mahal setiap pianist pastinya harus lebih jeli dalam merawat pianonya. Dibanding membeli alat musik piano baru akan lebih baik menjaganya dengan baik agar bisa bertahan lebih lama. Untuk itu anda harus tahu factor apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada piano, tiga factor utama yang sering menjadi momok menakutkan bagi pianist adalah air, suhu dan kelembapan.

Kondisi yang gelap, hangat dan lembab memungkinkan untuk jamur dan bakteri tumbuh di dalam piano, jamur ternyata dapat melemahkan kayu yang berada dibagian dalam body piano dan menimbulkan resiko kerusakan. Selain itu jamur dalam piano juga dapat memengaruhi kesehatan manusia dan hewan. Jadi jika anda punya anak masih balita pastikan piano selalu dalam keadaan bersih.

Menjaga piano juga harus dilakukan dengan menjaga kebersihan diri terutama jari anda yang sering lembab dan kotor sehingga membawa kotoran dibagian luar piano. Nahasnya tidak banyak yang tahu bahwa kebiasaan ini tidak hanya menimbulkan kerusakan pada piano namun juga beresiko pada kesehatan si pianist sendiri.

Pasalnya debu yang ia bawa pada jari dan menempel diatas tuts akan kembali memasuki pori-porinya dikemudian hari ketika kondisi tubuhnya sedang lembab. Untuk itulah menjaga suhu menjadi hal yang harus diperhatikan bagi setiap pianist. Pastikan suhu kamar berada I 70-72o f atau sekitar 21-220celcius. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah bisa menyebabkan gangguan tuning dan menyebabkan kerusakan kayu untuk jangka panjang.

Udara dingin dapat melemahkan bagian kayu yang halus, dan menggunakan piano dalam kondisi ini dapat menyebabkan bagian-bagian ini cepat rusak. Sementara suhu terlalu panas dapat mempengaruhi string. Pertahankan kelembapan piano, jangan sampai terlalu basah atau terlalu kering.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==