Wednesday, June 17, 2015

Musik sama dengan dopamin

Selama ini orang mengira musik hanya berfungsi sebagai media hiburan, namun penelitian yang dilaporkan dalam Nature Neuroscience, menemukan dopamin (bahan kimia pencipta kenikmatan) dalam otak manusia yang tenga mendengarkan musik yang disukainya. Para peneliti dari McGill University di Montreal mengatakan itu adalah pertama kalinya mereka menemukan dopamin dalam otak yang sedang mencerna musik. Dopamin memiliki peran penting dalam menentukan suasana hati yang baik. Kadar dopamin meningkat dalam menanggapi rangsangan lain seperti makanan dan uang.



Penelitian sebelumnya hanya menemukan bahwa permen dan kokain lah yang mampu memberikan tubuh stimulan untuk mengeluarkan dopamin. Zat uni ini juga berhubungan dengan rangsangan kurang nyata - seperti jatuh cinta. Inilah sebabnya orang yang sedang jatuh kemudian mendengarkan atau membuat musik akan merasa sangat bahagia layaknya orang yang mengonsumsi kokain. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa orang yang menikmati musik menghasilkan dopamin 9% lebih tinggi.

Psikolog musik, Dr Vicky Williamson dari Goldsmiths College, University of London menjelaskan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa musik terkait erat dengan jiwa terdalam manusia. Jadi jika ada yang memandang musik atau industri musik dengan sebelah mata maka ia harus membaca tentang penelitian ini. Untuk anda yang sudah tahu segera belajar musik, beli piano, keyboard atau gitar untuk membantu anda memahami musik. Bermain musik dengan baik akan membantu anda lebih menikmati musik dan mengeluarkan dopamin secara maksimal.

No comments:

Post a Comment