Teknik bermain piano yang benar untuk pemula



Bermain piano memang tidak mudah namun bukan berarti juga sulit dilakukan, anda hanya perlu berlatih keras dan alat beli piano agar kuantitas belajar bisa diperbanyak. Selain itu pengetahuan dasar tentang teknik bermain piano yang baik dan benar juga harus dimiliki, sebab tanpa pengetahuan teknik mustahil anda bisa melangkah ke tahap yang lebih sulit.



Jika anda masih berada pada tingkat pemula atau beginner hal pertama yang harus dilakukan ketika bermain piano adalah berlajar menggunakan tubuh dengan benar dan mengembangkannya dengan benar. Pastikan postur anda benar dan nyaman ketika duduk dan menarikan jari diatas tuts piano. Jangan lupa untuk mengontrol badan, tangan dan jari secara tepat dan akurat.


Gerakkan tangan dan posisi jari anda secara natural, bebas atau elastic dan tentu saja rileks alias tidak kaku supaya not-not yang anda mainkan bisa menghasilkan suara baik. Ketika bermain gunakanlah seluruh bagian lengan jangan terpaut pada jari apalagi hanya ujung jari karena hal itu akan menambah resiko cedera pergelangan tangan.


Koordinasi antara jari dan lengan juga wajib dilatih ketika perkenalan tahap awal, karena tanpa pemahaman tentang materi ini anda tidak akan bisa memainan not. Latih setiap jari agar bekerja sesuai kapasitasnya dan secara bertahap tingkatkan kecepatan tangan ketika memencet nut, hal ini bisa anda lakukan jika pengetahuan dasar sudah dikuasai.

Jika tidak percaya diri anda bisa bergabung dengan kursus musik dan bertanya kepada ahlinya tentang bagaimana baiknya memulai berlatih piano. Guru yang baik akan menuntun anda menjadi pianist yang baik juga. Source :Yamaha Musik Indonesia
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==