Tuesday, April 21, 2015

Belajar otodidak itu lebih flexible



Sebagian besar pemula pasti berpandangan bahwa mengikuti kursus musik lebih menguntungnkan dibanding belajar secara otodidak, tapi tunggu dulu jangan langsung berpikir seperti itu sebelum mempertimbangkan semua hal seperti uang, waktu dan tenaga. Mungkin dengan mengikuti kursus musik anda bisa menuai keuntungan dalam segi tenaga namun untuk uang dan waktu belum tentu.

Untuk masalah keuangan tentu saja belajar ditempat kursus musik dapat menyedot pengeluaran anda. Sebab ada biaya yang harus digelontorkan setiap bulannya ke kursus musik. Hal berbeda akan terjadi jika anda memilih belajar otodidak atau sendiri,budget untuk kursus bisa dipangkah meskipun memang jumlahnya tidak begitu besar karena tidak dapat dipungkiri belajar otodidak juga membutuhkan dana besar.


Terutama dalam urusan pemenuhan instrument, seperti misalnya membeli drum, gitar atau keyboard. Namun ketika belajar otodidak anda memiliki keuntungan dalam segi waktu yang memang lebih flexible dibandingkan ketika anda harus belajar ditempat kursus yang sudah diatur oleh guru sebelumnya. Ketika anda belajar otodidak anda bisa belajar kapanpun sesuai keinginan.

Bahkan anda bisa belajar dimanapun sekalipun itu didalam toilet atau kendaraan, salah satu hal yang tidak mungkin didapat dengan mengikuti kursus musik. Tidak hanya itu waktu belajar pun tidak terbatas, sebentar atau lama semua bergantung pada kemauan anda belajar. Sangat berbeda dengan tempat les musik yang kadang sangat sebentar atau sangat lama dan pada akhirnya membuat bosan.

So, pikirlah lagi apakah dari segi waktu anda bisa mengikuti kursus musik? Jika anda orang yang cukup sibuk dan memiliki kegiatan utama sebaiknya pilih otodidak saja. Memang akan sulit belajar tanpa guru namun anda memiliki internet yang bisa menjawab semua kesulitan. Yang penting adalah niat, dimana ada keinginan percayalah disitu pasti ada jalan.

No comments:

Post a Comment